IAIN Raden Fatah Palembang
Kepada seluruh mahasiswa IAIN Raden Fatah Palembang diwajibkan mengisi data simak online ( input biodata dan mengisi KRS Semeter Ganjil 2014/2015) di masing-masing Fakultas paling lambat tanggal 31 Oktober 2014, bagi yang tidak mengisi data di SIMAK Online maka tidak terdaftar sebagai mahasiswa IAIN Raden Fatah Palembang Pada PDPT Dikti
Link Internal
Diary Pimpinan
  • Rektor
    Jumat-31 Oktober 2014-07:52:45
    KELUAR
  • Wakil Rektor I
    Jumat-31 Oktober 2014-07:52:48
    KELUAR
  • Wakil Rektor II
    Jumat-31 Oktober 2014-07:52:52
    ADA
  • Wakil Rektor III
    Jumat-31 Oktober 2014-07:52:55
    KELUAR
  • Kabiro AUAK
    Jumat-31 Oktober 2014-07:52:58
    KELUAR
Berita Terkini
Agenda
Link Terkait
Sejarah IAIN Raden Fatah Palembang
Diposting tanggal: 31 Mei 2010 - Dilihat: 3473 kali


 

Institut Agama     Islam Negeri ( IAIN ) Raden Fatah Palembang  diresmikan  pada tanggal 13 Nopember 1964 . di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat  Propinsi Sumatera  Selatan. berdasarkan surat Keputusan Menteri Agama Nomor 7 Tahun 1964 tanggal 22 Oktober 1964.

Asal – usul berdirinya IAIN Raden Fatah  erat kaitannya dengan keberadaan lembaga – lembaga pendidikan tinggi agama Islam yang ada di Sumatera Selatan  dengan IAIN Sunan Kalijaga di Yogyakarta dan IAIN Syarif Hidayatullah di Jakarta. Cikal bakal IAIN awalnya  digagas oleh tiga orang ulama, yaitu K.H.A. Rasyid sidik, K.H. Husin Abdul Mu’in dan K.H. Siddik Adim pada saat berlangsung muktamar Ulama se Indonesia di Palembang tahun 1957. Gagasan tersebut mendapat sambutan  luas baik dari pemerintah  maupun peserta muktamar .  Pada hari terakhir muktamar , tanggal 11 September 1957 dilakukan peresmian pendirian Fakultas Hukum Islam dan  pengetahuan Masyarakat yang diketuai oleh K.H. A. Gani Sindang Muchtar Effendi sebagai Sekretaris.  Setahun  kemudian dibentuk  Yayasan Perguruan Tinggi Islam Sumatra  Selatan ( Akte Notaris No. 49 Tanggal 16 Juli 1958 ) yang pengurusnnya terdiri dari Pejabat Pemerintah , ulama dan tokoh- tokoh masyarakat.

Pada tahun 1975 s.d tahun 1995 IAIN Raden Fatah memiliki 5 Fakultas, tiga Fakultas di Palembang, yaitu Fakultas Syariah, Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Ushuluddin; dan dua Fakultas di Bengkulu., yaitu Fakultas Ushuluddin di Curup dan Fakultas Syariah di Bengkulu. Sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam upaya pengembangan kelembagaan perguruan tinggi agama Islam, maka pada tanggal 30 juni 1997, yang masing- masing ke dua Fakultas di tingkatkan statusnya menjadi sekolah tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ), yaitu STAIN Curup dan STAIN Bengkulu                                                        

Dalam perkembangan berikutnya IAIN Raden Fatah membuka dua Fakultas baru, yaitu Fakultas Adab dan Fakultas Dakwah berdasarkan Surat keputusan Menteri Agama R.I Nomor 103 tahun 1998 tanggal 27 Februari 1998. Cikal bakal Fakultas Adab dimulai dari pembukaan dan penerimaan mahasiswa Program Studi  ( Prodi ) Bahasa dan Sastra Arab dan Sejarah  Kebudayaan Islam  pada tahun Akademik 1995/1996.

Pendirian Program Pascasarjana pada tahun 2000 mengukuhkan IAIN Raden Fatah sebagai institusi pendidikan yang memiliki komitmen terhadap pencerahan masyarakat akademis yang selalu berkeinginan untuk terus menimba dan mengembangkan ilmu-ilmu keislaman multidisipliner.

 

 


Kolom Rektor

    Alhamdulillah berkat komitmen dan kerja keras bersama, IAIN Raden Fatah telah berhasil mendapatkan pengakuan sebagai salah satu lembaga yang berkomitmen kuat untuk memperbaiki manajemen secara terus menerus. Pada tanggal 17 April 2013 IAIN Raden Fatah telah ter- Sertifikasi ISO 9001:2008 dalam bidang Quality Management System dengan ruang Lingkup : 1. Bagian Kepegawaian IAIN Raden Fatah 2. Bagian Akademik IAIN Raden Fatah 3. Bagian Perlengkapan dan Rumah Tangga IAIN Raden Fatah 4. Bagian Perencanaan 5. Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan Kelima bagian yang telah mendapat pengakuan sebagai lembaga yang mampu memperbaiki system manajemen secara terus menerus sesuai dengan standar international ini telah ter- register secara international dengan sertifikat No FS 594451 oleh badan sertifikasi ISO yang memiliki standar international Bristish Standard International berpusat di United Kingdom website bsigroup.com. (REKTOR PERIODE 2011-2015)

Kolom Warek I

Kolom Warek II

    Sumatera Selatan telah menghibahkan tanah sebanyak 30 hektar di Jakabaring. Di sana akan dibangun tiga bangunan yang luar biasa yaitu Islamic Center, Masjid Raya dan UIN Raden Fatah. Oleh Karena itu saya mengajak segenap civitas akademika IAIN Raden Fatah Palembang untuk mempersiapkan diri dengan meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia Pembantu Rektor II IAIN Raden Fatah Palembang Periode 2011-2015

  • artikel Pembantu Rektor II (PR II

Kolom Warek III

    Visi pembinaan bidang kemahasiswaan PTAI yaitu terwujudnya suasana yang kondusif bagi pembinaan dan pengambangan jati diri mahasiswa yang pada gilirannya dapat menjadikan mahasiswa unggul, cerdas, berakhlak mulia, humanis dan kompetitif. Sejalan dengan itu, IAIN Raden Fatah mempunyai visi pengembangan pembinaan kemahasiswaan yaitu menjadikan mahasiswa sebagai insan yang luhur akhlaknya, unggul akademiknya, terampil dan mandiri.

  • SHORT COURSE IN LEIDEN UNIVERSITY, NETHERLAND: An Experience
Download Area