Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang   Kepada Yth Wali Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN RF Untk menghadiri acara Silaturahmi dan pertemuaan wali MAHASISWA FITK ANGKATAN 2018 pada HARI: JUMAT TANGGAL: 14 SEPTEMBER 2018 Jam: 08.30 SD 11.00 Tempat: Academic Center UIN Raden Fatah  

PPL Internasional Mahasiswa Fakultas Psikologi Tahun Akademik 2019

Dikirim oleh : Edo Psikologi | Hist : 843 | Kategori : Fakultas Psikologi | 22/02/2019 14:54:19 WIB

Palembang - Dalam rangka mewujudkan visi dan salah satu misi UIN Raden Fatah Palembang yaitu menjadi universitas berstandar internasional, Fakultas Psikologi mengadakan PPL Internasional di tiga negara: Malaysia-Thailand dan Singapore.

Bravo Psikologi--- Dalam rangka mewujudkan visi dan salah satu misi UIN Raden Fatah Palembang yaitu menjadi universitas berstandar internasional, Fakultas Psikologi mengadakan PPL Internasional di tiga negara:  Malaysia-Thailand dan Singapore tanggal 19-25 Februari 2019. Tujuan diadakannya kegiatan ini guna membuka wawasan bagi mahasiswa prodi Psikologi Islam dalam menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, terkhusus bidang pendidikan dan pengabdian masyarakat sesuai dengan keilmuan psikologi. Mahasiswa juga belajar praktek konseling Islam melalui program simulasi (role-playing). 

Kegiatan ini diikuti oleh 34 mahasiswa angkatan 2016, dibagi menjadi empat kelompok dengan empat dosen pendamping lapangan (DPL). Kelompok 1 didampingi oleh Prof. Dr. Ris'an Rusli, MA, kelompok 2 didampingi oleh Budiman M.Si, kelompok 3 didampingi oleh Dr. Ema Yudiani, M.Si., Psikolog dan kelompok 4 didampingi oleh Lukmawati, M.A. 

Dalam kegiatan ini mahasiswa diarahkan untuk belajar banyak hal yaitu,  bahasa, sikap dan perilaku termasuk budaya  setempat.  Metode pengumpulan data/informasi yang digunakan selama PPL meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi.  Mahasiswa juga membuat laporan secara komprehensif apa saja yg dipelajari selama PPL Internasional berlangsung.

Bersamaan dengan kegiatan ini,  rombongan juga melakukan study visit  ke dua perguruan tinggi  di malaysia yaitu Universiti Utara Malaysia (UUM) dan Universiti Sains Malaysia (USM). Dalam kunjungan perdana pada Rabu, 20 Februari 2019 di Universiti Utara Malaysia, Fakultas Psikologi melangsungkan penandatangan Letter of Agreement (LoA)  dengan School of Applied Psychology, Social Work and Policy, yang ditandatangani oleh Azlin Hilma Hillaludin, Ph.D  ketua program studi, sedangkan dari pihak Fakultas Psikologi ditandatangani oleh Dekan Fakultas Psikologi, Prof. Dr. Ris'an Rusli, MA. Kerjasama yang akan dilakukan meliputi Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan dan Pengajaran,  Penelitian dan Pengabdian masyarakat).  Dalam bidang pendidikan berupa kerjasama pertukaran mahasiswa dan pertukaran dosen tamu (narasumber). Bidang penelitian diisi dengan kegiatan penelitian bersama, pertukaran penulis dan reviewer tulisan jurnal. Untuk kegiatan pengabdian masyarakat berupa kegiatan penyuluhan dan konseling islami pada masyarakat. Kegiatan ini akan ditindaklanjuti dengan penandatangan MoU  antar perguruan tinggi  oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang dan Rektor Universiti Utara Malaysia. 

Red: Lukmawati & Ema Yudiani

Sumber : https://psikologi.radenfatah.ac.id/berita/detail/ppl-internasional-mahasiswa-fakultas-psikologi-tahu