Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang   Kepada Yth Wali Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN RF Untk menghadiri acara Silaturahmi dan pertemuaan wali MAHASISWA FITK ANGKATAN 2018 pada HARI: JUMAT TANGGAL: 14 SEPTEMBER 2018 Jam: 08.30 SD 11.00 Tempat: Academic Center UIN Raden Fatah  

Wakil Dekan 3 FITK Membuka Kegiatan PENBAS

Dikirim oleh : Arip Fakultas Tarbiyah | Hist : 553 | Kategori : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) | 04/01/2019 17:33:53 WIB

Palembang - Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) menyelenggarakan acara Pembukaan Pesantren Bahasa Arab yang bertempat di Ruang Seminar FITK  Uin Raden Fatah Palembang.

 

HUMAS-UINRF -- Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) kembali menggelar kegiatan Pesantren Bahasa Arab 2019 dengan tema “MULIA DENGAN BAHASA ARAB”. Kegiatan rutin yang menjadi andalan prodi dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa khususnya di bidang bahasa Arab. Kegiatan layaknya pesantren sungguhan ini menempa para peserta untuk dapat berkomunikasi dengan bahasa Arab melalui muhadatsah, drama, debat, games, nasyid dll. Semua itu difasilitasi oleh pengajar profesional alumni-alumni s2 bahasa Arab baik dari dalam maupun dari luar negeri dan semua aktifitas bertempat di ma’had Al-Fikri, ruang kelas PBA dan masjid selama 1 bulan penuh kedepan. Acara ini secara resmi dibuka oleh Wakil Dekan III FITK Ibu Choirunniswah, M.Ag.

Dalam sambutannya, Ibu Choirunnsiwah, M.Ag selaku Wakil Dekan III FITK mengapresiasi kegiatan positif  ini, dengan dengan harapan agar terus dilaksanakan dan kepada para peserta untuk rajin dan tekun dalam mengikuti kegiatan pesantren bahasa Arab ini.

Dalam sambutannya pula, Ustadz Nazarmanto, M.Pd.I sebagai sek prodi PBA memberikan motivasi untuk terus memuliakan bahasa Al-Qur’an.

Pesantren Bahasa Arab adalah kegiatan yang di selenggarakan di setiap libur semester ganjil atas kerja sama antara Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi pendidikan Bahasa Arab (HMPS-PBA) dan terbuka untuk umum bagi semua para pecinta bahasa Arab. Pada tahun ini, kegiatan ini diselenggarakan mulai pada tanggal 2 januari 2019 sampai tanggal 3 februari 2019 yang diikuti oleh 32 peserta yang berasal dari berbagai Fakultas dan jurusan yang berada di lingkungan kampus UIN Raden Fatah palembang. Hal ini bisa dilihat dari adanya peserta pesantren bahasa Arab yang tidak hanya berasal dari mahasiswa-mahasiswi prodi PBA melainkan juga adanya peserta berasal dari prodi dan fakultas lain, seperti, jurusan Ilmu Tafsir Qur’an (IQT) Fakultas Ushuluddin, jurusan Ilmu Hadits Fakultas Ushuluddin, dan jurusan manajemen Dakwah Fakultas Dakwah,

Pesantren bahasa arab dilaksanakan selama satu bulan penuh, yang diisi di dalamnya materi-materi, kegiatan-kegiatan, permainan-permainan, yang semuanya berkaitan tentang belajar bahasa Arab. Panitia menargetkan minimal setiap peserta selama satu bulan ini dari segi kosa-katanya dapat menghafal 720 kosa kata beserta dengan cara penggunaannya, karena setiap harinya mereka wajib menghafalkan 24 kosa kata. Selama satu bulan ini juga akan dibentuk lingkungan berbahasa Arab (Biah Lughowiyyah) agar para peserta terlatih dalam menggunakan bahasa Arab mereka baik itu secara lisan ataupun tulisan.

Sumber : HUMAS-FITK (Arip / Liza)