Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

OLIMPIADE KIMIA DAN SEMINAR PRODI PENDIDIKAN KIMIA FITK

Dikirim oleh : Arip Fakultas Tarbiyah | Hist : 239 | Kategori : UIN Raden Fatah Palembang | 13/11/2017 23:39:37 WIB

Palembang - Senin, tanggal 13 November 2017. Program Studi Pendidikan Kimia Mengadakan Kegiatan Semarak Milad Ke-3 Pendidikan Kimia (SIANIDA) dengan Melalui Ilmu Kimia Kita Wujudkan Masa Depan yang Rama Lingkungan.

Bertempat di Gedung Academic Center UIN Raden Fatah Palembang, Kegiatan Semarak Milad Ke-3 Pendidikan Kimia (SIANIDA) yang mengundang narasumber yaitu Dr. Diah Kartikasari, M.Si, dan kegiatan ini di ketuai oleh ibu Aidah Imtihana, M.Ag selaku kepala Program Studi Pendidikan Kimia dan diikuti seluruh siswa perwakilan sekolah se-sumsel dan seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia.

Wakil Dekan III Hj. Choirunniswah, M.Ag dalam sambutannya mengatakan orang yang pertama kali menemukan ilmu kimia ialah orang muslim yaitu Ibnu Hayyan, dia dikenal dengan nama Abu Musa Jabir Ibnu Hayyan, sebutnya seraya menambahkan, bahwa pentingnya kita untuk belajar ilmu kimia dalam menghadapi kehidupan yang semakin modern dan rama lingkungan.

  

Dr. Diah Kartikasari, M.Si Menjelaskan Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari sifat-sifat, struktur, komposisi, dan perubahan materi, serta energi yang menyertai perubahan materi. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, baik dalam bidang informasi, komunikasi dan IPTEK. Ilmu kimia juga semakin berkembang secara signifikan, ini ditandai dengan digunakannya ilmu kimia dalam produk-produk yang dihasilkan manusia.

Berikut adalah peranan ilmu kimia dalam berbagai bidang.

1. Peranan Kimia di bidang Kesehatan

Bahan-bahan kimia sering digunakan sebagai obat-obatan.   

2. Peranan Kimia di bidang Pertanian

Kemajuan dari ilmu kimia berperan dalam penemuan dan pembuatan komposisi baru pada pertanian seperti pada pembuatan obat pembasmi hama,dan banyak jenis dari pupuk-pupuk kimia di pasaran yang juga merupakan hasil dari kemajuan ilmu kimia di bidang pertanian.

3. Peranan Kimia di bidang Hukum

Di Bidang Hukum Manfaat di bidang hukum yaitu ketika terjadi kejahatan-kejahatan ataupun pembunuhan, dengan begitu dibutuhkan sample hasil tes DNA, yang menggunakan ilmu kimia.

dan masih banyak maanfaat yang lainnya dari ilmu kimia, ujarnya.

Sumber : Team Jurnalis FITK